PROFIL DINAS

Ringkasan Eksklusif

Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten merupakan organisasi perangkat daerah yang mempunyai tugas membantu dan menunjang kelancaran tugas Bupati dalam menyelenggarakan Pemerintahan Daerah di bidang Perhubungan meliputi lalu lintas dan operasional, tehnik sarana dan prasarana. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, berbagai langkah telah disiapkan guna mewujudkan Visi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang dirumuskan dalam Perda Perubahan atas Perda No. 5 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Klaten Tahun 2016-2021 adalah “MEWUJUDKAN KABUPATEN KLATEN YANG MAJU, MANDIRI DAN BERDAYA SAING”.
Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten memiliki kewajiban terhadap capaian Misi ke 4 (empat) yaitu Meningkatkan kapasitas infrastruktur publik dan penyediaan kebutuhan sarana prasarana dasar sosial masyarakat dan Misi ke 8 (delapan) yaitu Meningkatkan Kapasitas Pelayanan Publik. Adapun untuk mencapai misi tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten memiliki tujuan sebagai berikut:
1.Meningkatkan kualitas manajemen rekayasa lalu lintas dan penyelenggaraan angkutan dengan indikator kinerja tingkat pelayanan infrastruktur perhubungan.
2.Meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan dengan indikator kinerja indeks kepuasan layanan perhubungan.
Adapun Sasaran yang harus dicapai untuk mewujudkan tujuan tersebut antara lain:
1.Meningkatnya kualitas manajemen rekayasa lalu lintas dan penyelenggaraan angkutan dengan indikator kinerja tingkat pelayanan infrastruktur perhubungan.
2. Meningkatnya kualitas pelayanan perhubungan dengan indikator kinerja indeks kepuasan layanan perhubungan.

Dalam mencapai sasaran dinas perhubungan mengambil arah kebijakan yang kemudian dituangkan dalam program dan kegiatan. Dalam pelaksanaan program dan kegiatan tersebut guna mencapai sasaran maka disusunlah Perjanjian Kinerja Tahun 2019 antara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten dan Bupati Klaten.
Adapun Capaian Kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten Tahun 2019 dapat dilihat dari realisasi capaian kinerja sebagi berikut:
1.Sasaran trategis meningkatnya kualitas manajemen rekayasa lalu lintas dan penyelenggaraan angkutan dengan indikator tingkat pelayanan infrastruktur meningkat dari tahun lalu 31,52% menjadi 43,58%, angka tersebut masih dibawah target yang ditetapkan pada tahun 2018 yaitu sebesar 45,87%. Prosentase tingkat realisasinya sebesar 95,01%, hal tersebut disebabkan karena target yang disampaikan merupakan target renstra pada tahun ke-3 (Tahun 2019) yang belum disesuaikan kedalam target Renja Tahun 2018 dengan melewati berapa kebijakan terkait pengurangan anggaran.
2.Sasaran strategis meningkatnya kualitas pelayanan perhubungan dengan indikator indeks kepuasan layanan perhubungan meningkat dari 78.760 menjadi 78.953, angka tersebut masih dibawah target yang ditetapkan pada tahun 2019 yaitu sebesar 79.016. Prosentase tingkat realisasinya sebesar 99.92%, hal tersebut dikarenakan pada tahun 2018 sampai Februari 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten melakukan pembangunan gedung kantor, sehingga proses pelayanan pengujian kendaraan bermotor untuk sementara waktu di pindah ke Terminal Delanggu, hal tersebut dimungkinkan dapat mengurangi kenyamanan pemilik kendaraan bermotor wajib uji dalam mengujikan kendaraan bermotornya.
Secara umum karena Capaian kinerja sasaran tidak mencapai 100%, sehingga efisiensi untuk capaian kinerja sasaran adalah 0% (nol persen) atau tidak ada effisiensi, namun dari realisasi kinerja serta anggaran program dan kegiatan dapat disimpulkan:
1.Program peningkatan sarana prasarana perhubungan memiliki capaian kinerja 100% dengan realisasi anggaran 79,25% sehingga diperoleh efisiensi sebesar 20,75%
2.Program rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas LLAJ memiliki capaian kinerja 100% dengan realisasi anggaran 85,81% sehingga diperoleh efisiensi sebesar 14,19%
3.Program Pengendalian dan pengamanan lalu lintas memiliki capaian kinerja 100% dengan realisasi anggaran 92,34% sehingga diperoleh efisiensi sebesar 7.66%
4.Program peningkatan pelayanan angkutan memiliki capaian kinerja 100% dengan realisasi anggaran 87,84% sehingga diperoleh efisiensi 12,16%

Gambaran Umum Organisasi

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Klaten dan Peraturan Bupati Klaten Nomor 55 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Pemerintahan di bidang perhubungan. Untuk melaksanakan tugas pokok, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten mempunyai fungsi :
a.Perumusan kebijakan bidang perhubungan
b.Pelaksanaan kebijakan bidang perhubungan
c.Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang perhubungan
d.Pelaksanaan administrasi Dinas
e.Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
Dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten memiliki sumber daya manusia berjumlah 55 orang yang dapat dirincikan dalam gambar berikut

Jumlah Pegawai Dinas Perhubungan

Visi dan Misi

Visi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang dirumuskan dalam Perda Perubahan atas  Perda  No. 5 Tahun 2016 tentang  RPJMD Kabupaten Klaten  Tahun 2016-2021 adalah “MEWUJUDKAN KABUPATEN KLATEN YANG MAJU, MANDIRI DAN BERDAYA SAING”.

Misi Pembangunan Daerah sebagai implementasi Visi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 yang dirumuskan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Klaten Tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut:
Misi 1 : Mewujudkan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berbudaya;
Misi 2 : Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih;
Misi 3 : Meningkatkan dan mengembangkan ekonomi daerah yang lebih produktif, kreatif, inovatif dan berdaya saing berlandaskan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal;
Misi 4:  Meningkatkan kapasitas infrastruktur publik dan penyediaan kebutuhan sarana prasarana dasar sosial masyarakat; Misi 5: Meningkatkan  kapasitas pengelolaan dan kelestarian sumber daya alam yang selaras dengan tata ruang wilayah; Misi 6: Mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang berakhlak dan berkepribadian; Misi 7: Meningkatkan kapasitas pengarusutamaan gender dan perlindungan anak; dan Misi 8:  Meningkatkan kapasitas pelayanan publik.

Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten memiliki kewajiban terhadap capaian Misi ke 4 (empat) yaitu Meningkatkan kapasitas infrastruktur publik dan penyediaan kebutuhan sarana prasarana dasar sosial masyarakat dan Misi ke 8 (delapan) yaitu Meningkatkan Kapasitas Pelayanan Publik.

Tujuan dan Sasaran

Dari Isu Strategis Kabupaten Klaten, yang telah diuraikan pada BAB I diatas dan merujuk pada Misi Kabupaten Klaten, Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten memiliki

Tujuan antara lain :
a.Meningkatkan kualitas manajemen rekayasa lalu lintas dan penyelenggaraan angkutan dengan indikator kinerja tingkat pelayanan infrastruktur perhubungan.
b.Meningkatkan kualitas pelayanan perhubungan dengan indikator kinerja indeks kepuasan layanan perhubungan.
Sasaran yang harus dicapai untuk mewujudkan tujuan antara lain :
a.Meningkatnya kualitas manajemen rekayasa lalu lintas dan penyelenggaraan angkutan dengan indikator kinerja tingkat pelayanan infrastruktur perhubungan.
c.Meningkatnya kualitas pelayanan perhubungan dengan indikator kinerja indeks kepuasan layanan perhubungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *